Jumat, 02 Desember 2011

Sudoku Bisa Bikin Ketagihan


Sudoku, siapa sich yang nggak kenal puzzle yang satu ini ? Permainan asal Jepang ini bisa dibilang cukup menghebohkan selama akhir-akhir ini. Terutama di Jepang, semua orang suka permainan ini. Dari orang biasa, artis sampai politisi pun mencoba, bahkan nggak jarang yang ketagihan permainan ini.
Tapi bisa jadi diantara kita ada yang belum kenal sama permainan ini. Mungkin juga ada yang pernah tau tapi nggak pernah mau mencoba karena menganggap permainan ini “ matematika banget “. Pandangan ini jelas keliru. Kamu nggak perlu jadi pakar matematika untuk menyelesaikan Sudoku ini, bahkan untuk ngerjain di tingkat yang paling sulit.
Apa sih sebenarnya Sudoku ? Permainan ini berbentuk bujur sangkar yang terdiri dari 81 bujur sangkar kecil, atau bisa kita namakan “sel”. Jika dilihat dari jumlah baris dan kolom maka ada 9 baris dan 9 kolom. Sudoku juga bisa dibagi menjadi 9 kotak yang terdiri dari 3x3 sel. Kotak berukuran 3x3 sel ini mari kita kasih nama “box”. Semua sel yang ada dalam Sudoku ini harus diisi dengan angka 1 sampai 9.
Tentu saja kita nggak bisa asal ngisi angka sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi untuk bermain ini. Asal tau aja bahwa justru dengan aturan inilah Sudoku menjadi suatu permainan yang menarik. Kamu mungkin bisa belajar aturan ini hanya dalam waktu 5 menit, tapi kamu pasti perlu waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.



Aturan Main Sudoku

Sudoku bukanlah permainan yang bisa diselesaikan dengan “menebak”. Menebak bisa jadi awalnya terlihat benar, namun sangat munkin semua tebakanmu itu salah dan baru kamu sadari ketika permainan nggak bisa kamu selesaikan. Dan jika kamu mengawali permainan ini dengan asal menebak, kamu harus siap menghapus semua tebakanmu itu. Yang pasti kamu wajib menguasai aturan-aturan berikut ini.

1.   Aturan Baris
Setiap 1 baris terdiri dari 9 sel yang harus diisi angka dari 1 sampai 9. Setiap angka : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 hanya boleh ditulis 1 kali dalam setiap barisnya
2.   Aturan Kolom
Setiap 1 kolom terdiri dari 9 sel yang harus diisi angka dari 1 sampai 9. Setiap angka : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 hanya boleh ditulis 1 kali dalam setiap kolomnya
3.   Aturan Box
Setiap 1 box terdiri dari 9 sel yang harus diisi angka dari 1 sampai 9. Setiap angka : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 hanya boleh ditulis 1 kali dalam setiap boxnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar